Cara Mengetahui Tunggakan BPJS online

      Cara Mengatahui Tunggakan BPJS Online-Tetap bersama kami pada website roket-tronik.com yang akan mengupdate informasi sesuai dengan kebutuhan para netter. Kami akan berbagi informasi sesuai keakurasian yang kami dapat. Oleh karena itu jika ada  informasi yang tidak tepat manfaat atau tidak sesuai dengan harapan Anda,  kami mohon maaf karena itulah kemampuan yang kami bisa.

    Kali ini roket-tronik.com akan berbagi tentang Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Online. Namun sebelum lebih jauh ada beberapa syarat untuk bisa mengecek tunggakan BPJS Online. Syaratnya antara lain punya Virtual Akun BPJS/ Nomor iuran BPJS,  dan punya ATM Atau internet banking Bank BNI/ Mandiri/ BRI. Dengan Kartu ATM tersebut Anda bisa mengecek tunggakan BPJS Anda sendiri maupun orang lain melalui ATM atau internet banking Anda.

1. Cek BPJS Aktif

    Untuk cek bpjs aktif cukup hanya dengan memasukkan nomor iuran ke perbankan. Jika sudah keluar tagihan maka cek BPJS aktif sudah berhasil dan kartu BPJS sudah bisa digunakan setelah pembayaran pertama dilakukan.
2. Cek Iuran BPJS secara Online

      BPJS kesehatan iuran checking atau cek iuran BPJS individu secara online sangatlah mudah jika Anda sudah mempunyai syarat dan ketentuan di atas.  Jika Anda menggunakan ATM maka BPJS Iuran checking atau cek iuran BPJS individu secara online adalah sebagai berikut. Jika Anda menggunakan ATM BRI

a. Masukkan Kartu ATM BRI
b. Masukkan pin
c. Pilih Transaksi lainnya
d. Asuransi BPJS
e. Masukkan nomor virtual account yang berawalan 8888
f. Tekan ok untuk konfirmasi
     Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka BPJS kesehatan iuran checking atau cek iuran BPJS individu secara online akan segera Anda ketahui.

Adapun jika Anda Menggunakan ATM mandiri maka berikut cara cek tagihan BPJS mandiri:

a. Masukkan Kartu ATM Mandiri
b. Masukkan PIN
c. Pilih transaksi lainnya
d. Pilih pembayaran
e. Asuransi
f. BPJS kesehatan
g. Masukkan nomor virtual accout yang berawalan 89888
h. Konfirmasi tekan OK

    Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda sudah melakukan proses cek tagihan BPJS mandiri atau tagihan BPJS lewat ATM Mandiri. 
- Iuran BPJS kesehatan perorangan

    Mengenai iuran BPJS perorangan diuraikan dari sebelum ke naikan dan sesudah kenaikan adalah sebagai berikut.

- Iuran BPJS Perorangan sebelum naik
Kelas 1 Rp.59.500
Kelas 2 Rp.42.500
Kelas 3 Rp.25.500

- Iuran BPJS Perorangan setelah mengalami kenaikan pada bulan April 2016
Kelas 1 Rp.80.000
Kelas 2 Rp.51.000
Kelas 3 Rp.25.500

   Demikianlah iuran BPJS Perorangan dengan informasi terbaru setelah mengalami kenaikan.

3. Cek Tunggakan BPJS kesehatan online

   Cara Mengetahui Tunggakan BPJS Kesehatan individu adalah dengan cara cek tagihan  melalui ATM atau internet banking seperti di atas. Anda bisa menghitung tunggakan berdasarkan perhitungan tagihan dan kelas yang Anda pakai. Berikut adalah perumpamaannya

     Tagihan Rp.78.500, jika Anda memakai kelas III, maka hitungannya adalah 78.500/ 25.500, maka nilainya dalah 3 koma sekian. yang artinya Anda mempunyai tunggakan 3 bulan beserta denda Rp.1.000/ satu bulan tunggakan. Bagaimana sahabat roket-tronik.com cara atau cek tunggakan BPJS kesehatan individu secara online sangatlah mudah bukan? Jika Anda tidak ingin mendapatkan kesulitan dalam pembayaran BPJS, maka silakan lunasi tunggakan Anda dan segeralah membayar BPJS tepat waktu.

4. Telat Bayar BPJS

    Telat bayar BPJS atau pemabayaran BPJS terlambat akan menyebabkan denda yang akan tergabung dalam iuran. Adapun denda BPJS kelas 1, denda BPJS kelas 2, denda BPJS kelas 3 yakni sama Rp.1.000. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin kena denda karena telat bayar BPJS atau pembayaran BPJS terlamabat, maka silakan bayar BPJS tepat waktu yakni paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.

     Denda-denda BPJS terkadang tidak merata. Bisa saja dalam satu keluarga ada yang kena denda dan ada juga yang tidak, padahal setiap pembayaran waktunya sama. Mungkinkah ini dari sistemnya, namun para loket terkadang bingung menjelaskan hal ini kepada nasabah BPJS.

    Telat Bayar BPJS 1 hari, telat bayar BPJS 5 hari, telat bayar BPJS 7 hari semuanya didenda sama rata yakni Rp.1000 / nasabah. Denda tersebut juga akan diakumulasi dalam 1 tagihan. Jadi untuk riancian tagian bisa Anda hitung sendiri. Sistem hanya mengakumulasi tagihan sesuai dengan pembayaran dari waktu ke waktu.

     Telat bayar atau pemabayaran BPJS terlambat ada dua kategori. Telat harian dan telat bulanan. Jika telat harian, maka akan ada denda Rp.1.000 jika telat bulanan, maka akan terdata tagihan dari bulan ke bulan beserta dengan dendanya. Namun perlu Anda ketahui untuk pembayaran BPJS terlamabat bulanan, jika BPJS telat bayar 6 bulan, telat bayar bpjs 7 bulan, telat bayar BPJS 1 tahun. maka akun akan terblokir dan memerlukan cara untuk mengakatifkan BPJS yang telat bayar.

5. Cek saldo BPJS kesehatan individu

     Cek saldo kesehatan individu sebenarnya tidak bisa dicek. Anda hanya bisa mengecek tagihan dan tidak bisa mengecek saldo. Berbeda halnya dengan BPJS ketenagakerjaan data asuransi lainnya. Anda memang bisa mengecek saldo yang suatu saat nanti uang tersebut bisa menjadi milik Anda. Jadi sekali lagi untuk cek saldo BPJS kesehatan individu tidak bisa.
  
6. Cara mengaktifkan BPJS yang telat bayar

    Selanjutnya untuk mengaktifkan BPJS yang telat bayar misal telat bayar 6 bulan, telat bayar bpjs 7 bulan, telat bayar BPJS 1 tahun, maka untuk mengaktifkannya adalah dengan cara membayar iuran sesuai tagihan yang ditunggakkan. Seteleh itu bukti pembayaran dibawa ke kantor BPJS terdekat beritahukan ke Costumer servis BPJS bahwa Anda akan mengaktifkan akun BPJS yang telah beberapa waktu dinonaktifkan karena telat membayar iuran selama beberapa bulan.

   Adapun untuk BPJS ketenagakerjaan cara mengaktifkan bpjs ketenagakerjaan adalah yang pertama dengan cara menghubungi pengelola BPJS di perusahaan di mana Anda bekerja. Karena pengurus itulah  yang bertanggung jawab atas pembayaran BPJS Anda selama Anda masih bekerja di perusahaan tersebut. Jadi untuk cara mengaktifkan bpjs ketenagakerjaan silakan Anda lakukan dengan cara tersebut.

7. cara menonaktifkan kartu bpjs kesehatan

    Menonaktifkan kartu BPJS kesehatan dengan beberapa alasan yang pertama tidak lagi mau menjadi nasabah BPJS, dan yang kedua meninggal. Jika Anda hanya ingin berhenti menjadi nasabah BPJS maka sialakan Anda berhenti membayar iuran, maka otomatis akun BPJS Anda akan dinonaktifkan oleh sistem. Adapun untuk alasan yang kedua yakni meninggal, maka silakan Anda serahkan kartu BPJS orang menigal tersebut ke kantor BPJS untuk menghapus data orang tersebut dari tagihan BPJS selanjutnya.

     Demikian informasi tentang cek BPJS Aktif, cek iuran BPJS secara online, cek tunggakan BPJS kesehatan online, telat bayar BPJS, cek saldo BPJS kesehatan individu, cara mengaktifkan BPJS yang telat bayar, dan cara menonaktifkan Kartu BPJS. Roket-tronik.com mengucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara Mengetahui Tunggakan BPJS online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel