Gerak Matahari Dalam Tata Surya

     Gerak Matahari dalam Tata Surya- Salam Astronomi buat pencinta ilmu pengetahuan. Selalu belajar akan menambah ilmu baik itu untuk kepentingan dunia maupun untuk bekal kita di akhirat. Menuntut ilmu tidak akan sia-sia. Terus belajar dan terus belajar.


     Bertemu lagi dengan saya Indra Praja yang akan bercerita seputar matahari yang sering menyinari bumi kita. Kita belajar hanya dari jarak jauh saja karena jika dekat akan membakar kita. Dengan ini matahari tidak perlu di masukkan ke laboratorium untuk melakukan pengujian. Cukup dengan alat dari bumi, kita sudah bisa mengambil ilmu dan manfaat-manfaat darinya.

     Roket-tronik.com melanjutkan sebelum lebih jauh ada baiknya kita jelaskan sedikit pengertian dari matahari.

a. Pengerian Matahari

     Matahari adalah bola raksasa yang punya sinar sendiri. Disebut punya sinar sendiri karena benda ini punya bahan bakar sejak lahir. Dengan bermilyar-milyar bahan bakar tersebut, matahari bisa menyala selama bermilyar-milyar tahun pula. Sudah cukup untuk menyinari bumi sampai bumi mengalami kelapukan. Oleh karena punya bahan bakar sendiri dan bersinar sendiri, maka matahari bisa disebut juga sebagai salah satu bintang di ruang anagkasa.'

b. Sifat-Sifat Matahari
     Adapun sifat-sifat matahari adalah sebagai berikut:
1. Menyala
2. Bergerak
3. Dikelilingi Planet
4. Mengorbit mengelilingi galaksi
5. Terdapat reaksi fusi dan fisi
    Sifat-sifat matahari diatas diambil berdasarkan rekomendasi roket-tronik.com, Anda bisa membuat sifat-sifat matahari berdarkan pemikiran Anda sendiri, namun tentunya dengan kerangka yang logis.

c. Gerak Matahari
     Selanjutnya kita memasuki permasalahan inti yakni gerak matahari. Gerak matahari terbagi menjadi dua jenis.. Adapun jenis-jenis gerak matahari adalah sebagai berikut:

1. Gerak semu harian Matahari
    Gerak semu harian adalah gerak matahari palsu. Dikatakan palsu karena proses gerak ini hanyalah sebatas penglihatan saja dan tidak berdasarkan pengujian laboratorium. Contoh gerak semu harian matahari adalah gerak matahari berjalan dari timur ke barat saat siang hari. Kelihatannya matahari yang bergerak mengelilingi bumi, namun sebenarnya bumilah yang mengelilingi matahari. Oleh karena itulah gerak matahari tersebut disebut gerak semu harian matahari.

2. Gerak Lurus Beraturan
     Sesuai dengan huhum Newton I. suatu benda akan terus diam ataupun terus bergerak   dan tidak akan berbelok dari arah geraknya kecuali ada gaya lain yang mengubahnya. Matahari bergerak mengorbit mengelilingi pusat galaksi Bimasakti dengan kecepatan 220 KM per detik. Gerak ini tidak akan berubah sampai ada gaya lain seperti tabrakan yang akan mengubah gayanya sehingga matahari bisa saja keluar dari geris edarnya disebabkan oleh benda lain. Gerak inilah yang disebut gerak lurus beraturan atau disebut dengan hukum newton I.

      Bagaimana para sahabat, sudah mengerti tentang jenis-gerak matahari. Mudah-mudahan para sahabat mengerti dan menjadi orang yang berpengetahuan luas. Roket-tronik.com mengucapkan terimakasih.

0 Response to "Gerak Matahari Dalam Tata Surya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel