Cara Membuat Pulsa Sendiri

           Cara Membuat Pulsa Sendiri- Selamat pagi sahabat roket tronik. Apa kabar pagi ini. Mudah mudahan pekerjaan sahabat semua lancar dan selesai sesuai dengan yang diharapkan sahabat. 


     Sebelum lebih jauh membahas masalah cara membuat pulsa, tak ada salahnya jika roket-tronik.com menjelaskan apa itu pulsa dan bagaimana cara berkerjanya pulsa.

     Pulsa (puls) dalam bahasa latin yang artinya getaran. Getaran yang bisa menghubungkan data dengan memanfaatkan jaringan yang disediakan oleh provider. Dengan pulsa Anda bisa mengirimkan data baik itu data telepon SMS, dan Internet, semua proses yang terkirim adalah data. Contoh jika Anda melakukan panggilan telepon yang kepada teman Anda, maka Suara Anda yang terkirim adalah berbentu data, kemudian dimutasi lagi jadi suara yang bisa didengar oleh teman Anda.


1. Letak Pulsa

     Mungkin sahabat semua ada yang bertanya, di mana letaknya pulsa, roket-tronik.com menjawab, letak pulsa sebenarnya bukan di handphone pungguna. Letak pulsa berada di database (data dasar) sistem server provider masing-masing, ini dibuktikan dengan jika Anda ingin mengecek pulsa, maka harus menggunakan jaringan yang terhubung dengan sistem server operator, jika jaringan tidak tersedia, maka pulsa Anda tidak bisa dicek. Ini sama halnya dengan Anda tidak bisa menggunakan pulsa.

2. Fungsi Jaringan

      Adapun fungsi jaringan Adalah untuk mentransmisikan data yang dikirim dari satu handphone ke handphone lainnya baik itu menerima (downstream) dan mengirim (upstream). Oleh karena itu jaringan bisa disebut juga alat penting untuk memproses penggunaan pulsa

3. Sitem server

     Sistem server adalah pusat penyimpanan data semua pulsa, sitem server ini terdiri dari komputer dan peralatan tambahan lainnya, yang bekerja 24 jam tanpa henti.


4. Cara membuat Pulsa Sendiri

    Baiklah langsung saja roket-tronik.com akan membagikan cara membuat pulsa sendiri.

Peralatan :


a. PC Yang siap bekerja 24 jam

     PC ini akan dijadikan server sistem database yang artinya akan dijadikan pusat data semua pulsa, proses penambahan pulsa dan penggunaan pulsa. Silakan Anda cari komputer biasa namun dengan spect yang bagus dan tahan hidup 24 jam.

-    Instal Linux – Ini berfungsi sebagai sistem operasi seperti halnya windows dan Android
-   Instal Open Source- Open source adalah program pusat data pulsa, dengan program inilah Anda bisa melihat perjalanan dari proses penggunaan dan penambahan pulsa. Anda bisa menambah pulsa Anda secara manual dan otomatis sekehendak Anda, karena Anda memegang program penambahan pulsa milik Anda sendiri

b. USRP

     USRP (Universal Software Radio Peripheral) berfungsi sebagai pemancar jaringan. Anda bisa mengatur frequensy sesuai dengan kartu yang Anda gunakan misal Telkomsel frequency sekian Hz, XL Sekian Hz, semua ini Anda bisa mengaturnya. Alat ini bisa Anda beli di perusahaan Ettus luar negeri seharga Rp.13 jutaan dan bea cukai masuk negara 8 jutaan. Jadi untuk membeli peralatan ini diperlukan biaya sekitar 20 jutaan

c. BTS

    BTS (Base Transmisi Station) atau yang biasa disebut dengan tower berfungsi untuk meletakkan peralatan sinyal. Anda bisa membangun BTS ini dengan yang sederhana saja, kalau tidak salah harganya Rp.500.000/ meter. Jadi jika Anda membangun 10 meter, maka biayanya sejumlah Rp.5.000.000

d. Ampilfier USRP

    Amplifier USRP adalah alat penguat sinya. Jadi jika USRP adalah alat pemancar sinyal, maka Amplifier USRP adalah alat penguat sinyalnya. Harga Ampilier ini sekitar 20 jutaan juag yang bisa dibeli diperusahaan ettus luar negeri.


     Dari uraian di atas silakan Anda menghitung modalnya.

Pc Sederhana          = 5.000.000
Instal Linux             = 100.000
Instal Open Source = gratis
BTS                       = 5.000.000
USRP                    = 20.000.000
Amplifier USRP     = 20.000.000
                    Jumlah biaya = 50.100.000

       Bagaimana sahabat roket-tronik.com ? berminat untuk membuat pulsa sendiri, begitulah biaya yang dibutuhkan. Maka dengan leluasa Anda bisa menggunakan pulsa, karena pulsa bisa ditambah sesuai dengan kehendak Anda.


      Mengenai cara penggunaan Anda bisa memasukkan nomor GSM Anda ke program opensource tersebut. Jadi dengan ini Anda sudah bisa menggunakan pulsa yang terdata di PC Server Anda.
  

Cara Mengisi Pulsa Tidak Bisa Habis- Demikianlah artikel tentang cara membuat pulsa sendiri, bagi yang berminat. Silakan Hubungi Onno, ahli komputer dan jaringan. Bisa Anda search di google. Terimakasih.

7 Responses to "Cara Membuat Pulsa Sendiri"

  1. mantap nich untuk daerah terpencil

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat bermanfaat khususnya bagi yang ingin membuat server pulsa sendiri.
    .
    mau jualan pulsa murah 1 chip all operator bisa mampir aja kesini >>http://www.agenpulsatermurah.net

    ReplyDelete
  3. Berarti klo jangkauannya diluar jaringan yg kita buat. Misal kita lagi jauh dr rumah sendiri. Itu pulsanya tidak aktif ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel